Brilio.net - Sudah menjadi tradisi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, bahwa momen kelahiran anak dirayakan dengan bentuk syukuran dengan penuh bahagia. Bagi Muslim, acara syukuran tersebut biasanya terdiri dari pengajian, mengundang sanak famili, makan-makan, hingga pemberkatan yang jadi tradisi sebagian besar orang tua.

Momen pemberkatan bayi biasanya dilakukan sambil melantunkan doa dan sang bayi di bawa oleh ayahnya berkeliling kepada para tamu undangan yang hadir. Sang bayi biasanya akan diusap, didoakan, serta dicukur rambutnya.

BACA JUGA :
Momen evakuasi pria berbobot 300 kg di Tangerang, bongkar pintu rumah hingga diangkut pakai forklift

foto: TikTok/@kuryadi_barera


Menariknya ada video viral pemberkatan bayi simbolis dilakukan menggunakan bedak atau pupur. Terlihat seorang pria mengenakan baju koko dan peci berwarna cokelat menyapa tamu undangan. Acara pemberkatan bayi tersebut dilakukan di teras rumah yang didominasi tamu pria. Pria tersebut menggendong bayi sambil menerima doa dari tamu undangan.

BACA JUGA :
Momen pria makan pecel lele di tengah hujan badai, sikapnya bikin geleng kepala

Pemberkatan bayi ini dilakukan dengan memberikan bedak ke wajah bayi. Lucunya, bapak bayi yang menggendong bayi tersebut justru ikut dibedaki wajahnya. Tak hanya wajah bayi yang berubah menjadi putih, wajah ayahnya ikut belepotan tak keruan.

foto: TikTok/@kuryadi_barera

 

RECOMMENDED

 

(brl/lea)

RECOMMENDED