Brilio.net - Menikmati buah durian adalah salah satu kenikmatan yang paling menggoda. Apalagi menikmati buah durian yang sedang matang, jika berlebihan, kamu bisa mabuk durian loh. Nggak hanya mabuk, durian juga ditengarai sebagai penyebab bau mulut karena baunya yang menyengat. Buah yang satu ini memang memiliki bau yang khas. Sering, orang jadi tak suka dengan durian karena baunya yang tidak enak di hidung.

Tapi ternyata, buah durian berpotensi mencegah bau napas loh. Sebuah penelitian dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Chulalongkorn, Thailand membuktikan bahwa ekstrak kulit durian yang berupa gel bisa menghambat pertumbuhan bakteri yang biasa menimbulkan bau nafas.

BACA JUGA :
Mirip kopi luwak, durian tahi gajah kini jadi buruan

foto: Pixabay.com


Dilansir brilio.net dari NCBI (Pusat Penelitian Kesehatan ternama di Amerika) dalam jurnalnya PubMed, Sabtu (27/7) kulit durian mempunyai sifat mirip dengan chlorhexidine atau senyawa yang sering digunakan dalam produk-produk obat kumur. Senyawa ini berperan untuk mengurangi atau menghambat pertumbuhan bakteria penyebab bau mulut.

BACA JUGA :
Satu buah durian ini laku Rp 685 juta, ini keistimewaannya

Sementara ini, penelitian tersebut masih menyimpulkan bahwa kulit durian yang terkenal dengan bau menyengatnya tersebut berpotensi untuk diolah sebagai alternatif produk kebersihan diri seperti obat kumur. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan agar produk ini bisa dinikmati oleh khalayak umum.


RECOMMENDED

(brl/guf)

RECOMMENDED