Brilio.net - Sindrom Ovarium Polikistik atau lebih dikenal dengan istilah PCOS merupakan kondisi ketidakseimbangan hormon berlebih yang terjadi di ovarium. Biasanya kondisi ini memengaruhi sistem reproduksi wanita di usia subur. PCOS ditandai dengan gangguan menstruasi tidak teratur dan meningkatnya kadar hormon androgen (hormon pria) pada wanita.

Melansir dari National Library of Medicine, diketahui secara global ada 1,55 juta perempuan usia subur yang mengalami PCOS. Menurut data World Health Organization (WHO), PCOS memengaruhi sekitar 8-13 persen wanita usia subur, sedangkan wanita yang terkena PCOS namun tidak terdiagnosa sekitar 70 persen di seluruh dunia. Dengan banyaknya kasus yang terjadi, PCOS menjadi ancaman nyata bagi wanita di seluruh dunia.

BACA JUGA :
10 Manfaat mengonsumsi tablet penambah darah bagi wanita, dapat mencegah stunting

Penyebab PCOS masih belum diketahui secara pasti, namun kasus PCOS terjadi karena adanya keterkaitan dengan keluarga yang pernah mengidap PCOS. Selain itu, kadar insulin yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya PCOS. Selain itu, obesitas juga menjadi penyebab PCOS karena menghasilkan insulin berlebih dalam tubuh.

Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa wanita yang mengalami obesitas karena tidak menjaga pola makan bisa menyebabkan penyakit PCOS. Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa saja makanan yang wajib dihindari dan menjadi pemicu PCOS yang mengancam kesehatan.


Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (14/6), berikut delapan makanan pemicu PCOS yang perlu dihindari demi jaga kesehatan.

BACA JUGA :
Tanpa air beras atau mawar, ini trik bikin kulit lembap seharian pakai face mist dari 1 bahan pemanis

8 Makanan pemicu PCOS.

Makanan bisa menjadi salah satu pemicu PCOS bersarang di tubuh. Adapun 8 makanan yang wajib dihindari agar mencegah PCOS, sebagai berikut:

1. Makanan yang digoreng.

foto: freepik.com

Melansir dari hopkinsmedicine.org, makanan yang digoreng mengandung tinggi kalori, lemak trans, serta lemak jenuh yang menyebabkan resistensi insulin. Perlu diketahui, resistensi insulin merupakan kondisi saat sel tubuh tidak merespons insulin dengan baik. Peningkatan kadar gula darah dan insulin akhirnya memengaruhi keseimbangan hormonal sehingga menyebabkan PCOS. Beberapa makanan digoreng yang harus dihindari seperti kentang goreng, keripik kentang, keripik jagung, dan ayam atau ikan goreng.

2. Lemak jenuh.

foto: freepik.com

Lemak jenuh menjadi salah satu penyebab dari munculnya PCOS di dalam tubuh. Mengonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh akan meningkatkan resistensi insulin, peradangan, dan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Dengan begitu, lemak jenuh akhirnya menjadi pemicu penyakit PCOS. Adapun contoh lemak jenuh yang harus dihindari adalah mentega atau margarin.

3. Daging merah.

foto: freepik.com

Daging merah menjadi salah satu penyebab munculnya PCOS. Bukan tanpa alasan, daging merah yang melalui proses penggorengan dapat meningkatkan lemak jenuh dan lemak trans di dalamnya. Hal ini akan memperburuk resistensi insulin dan peradangan. Adapun contoh makanan daging merah yang dapat memicu PCOS seperti hamburger, daging sapi panggang dan steak, daging olahan, dan hot dog.

4. Makanan olahan.

foto: freepik.com

Makanan olahan seperti kue, permen, dan pai yang tinggi gula dapat memicu PCOS. Lemak trans yang terkandung dalam olahan tersebut dapat memengaruhi hormon di dalam tubuh sehingga memicu PCOS. Makanan yang mengandung tinggi gula juga dapat menyebabkan lonjakan kadar gula dan meningkatkan produksi insulin di pankreas.

5. Sereal olahan tinggi gula.

foto: freepik.com

Sereal olahan sering mengandung gula tambahan dengan kadar tinggi, terutama sereal yang dipasarkan untuk anak-anak. Konsumsi gula tambahan yang berlebihan dapat menyebabkan lonjakan cepat dalam kadar gula darah.

Sereal olahan dengan kadar gula tambahan yang tinggi cenderung memiliki indeks glikemik tinggi dan menyebabkan lonjakan gula darah sehingga memicu PCOS. Beberapa makanan sereal olahan yang memicu PCOS seperti oatmeal instan dan granola.

6. Minuman manis.

foto: freepik.com

Minuman manis yang mengandung gula tambahan dapat menjadi pemicu PCOS. Minuman manis cenderung memiliki indeks glikemik tinggi yang dapat menyebabkan lonjakan cepat dalam kadar gula darah setelah dikonsumsi.

Konsumsi minuman dengan indeks glikemik tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko resistensi insulin dan PCOS. Minuman manis yang wajib dihindari antara lain seperti soda dan teh.

7. Minuman beralkohol.

foto: freepik.com

Minum beralkohol jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh dan meningkatkan risiko PCOS. Selain itu, minuman beralkohol juga dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Minuman beralkohol yang harus dihindari seperti bir atau minuman alkohol yang bersifat manis.

8. Nasi putih.

foto: freepik.com

Mengonsumsi nasi putih secara berlebihan ternyata bisa menjadi penyebab PCOS. Nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang menyebabkan lonjakan cepat dalam kadar gula darah setelah dikonsumsi. Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi bisa menjadi risiko resistensi insulin.

Selain itu, nasi putih memiliki kandungan nutrisi yang relatif rendah dibandingkan dengan biji-bijian utuh. Mengonsumsi nasi putih secara berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi sehingga memengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh.

 

(brl/jad)

RECOMMENDED